Jan

30

CHECK IT OUT ON BOOK SHOP!!! Don’t miss it!

But if you like has that book by signed the writers, so you can find out at Lab. Sentral Ilmu Hayati, Brawijaya University (Fatchiyah as main editor) call 0341-559054 or send email to fatchiya@ub.ac.id

Sinopsis

Mekanisme di tingkat molekular merupakan kunci penting dalam membuka banyak misteri yang belum terungkap, seperti mengungkap fungsi gen terkait onset penyakit genetis, interaksi pemaparan nutrisi yang tepat dalam metabolisme gen target, atau identifikasi hubungan evolusi genetis, identifikasi DNA forensik, dsb. Analisis biologi molekular diperlukan untuk mempermudah memahami mekanisme molekular termasuk mengidentifikasi gen, DNA finger printing, ekspresi & eksplorasi protein/enzim, serta menganalisis fungsi gen dan protein.
Buku ini tersusun dari 20 bab. Bab 1 4 memaparkan sejarah perkembangan biologi molekular yang ditandai dengan human genome project, dilanjutkan penjelasan pengertian dasar kromosom, DNA, & gen. Pada bab selanjutnya, buku ini disusun berdasarkan kebutuhan panduan teknik-teknik dasar biologi molekular, meliputi isolasi DNA & RNA dari berbagai bahan yang mengandung material genetik pada berbagai organisme bakteri, tanaman, hewan, & manusia, serta pengujian kualitas maupun kuantitas isolat DNA yang diperoleh.
Pada Bab 5-10 fokus tentang bagaimana metode untuk manipulasi DNA atau gen-gen yang akan diuji, meliputi amplifikasi gen dengan PCR untuk identifikasi gen target, RFLP untuk uji sidik jari DNA dengan memotong bagian spesifik terhadap enzim restriksi, analisis ekpresi gen yang dilakukan dengan proses hibridisasi untuk level DNA & RNA, serta teknik hibridisasi in situ untuk uji ekspresi fungsi gen & pembuatan probe cDNA sebagai penanda spesifik gen target.

Mulai Bab 11 dibahas lebih dalam tentang analisis protein untuk mengukur ekspresi gen yang berperan. Bahasan diawali dengan penjelasan asam amino penyusun protein dan bentuk struktur protein berbasis pada ikatannya. Untuk mengkarakterisasi protein, pertama-tama dilakukan teknik isolasi & presipitasi protein, kemudian diuji kualitasnya berbasis pada kurva standar protein dan juga uji kuantitatif, SDS-PAGE, immunoblotting, & analisis isoenzim.

Pada bab terakhir, dibahas tentang elektroforesis dua dimensi. Buku ini merupakan buku wajib kuliah dan praktikum untuk program studi yang memiliki kurikulum dengan mata kuliah Teknik Analisis Biologi Molekular. Selain itu, buku ini dapat digunakan sebagai bahan pelatihan dan workshop yang berkaitan dengan teknik-teknik dasar biologi molekular. Buku Biologi Molekular: Prinsip Dasar Analisis ini ditujukan untuk mahasiswa S-1 dan pascasarjana, peneliti pemula ataupun senior yang bidang kajiannya di tingkat molekul dan selular, baik bidang biologi, biokimia, kedokteran, kedokteran hewan, kedokteran gigi, pertanian, perikanan, dan peternakan, serta untuk para guru biologi di tingkat sekolah menengah sebagai pengantar dasar-dasar analisis bioteknologi yang berbasis IPTEK.

Sekilas Tentang Penulis
Penulis adalah pengajar dan peneliti aktif bidang biologi molekular yang terdiri dari Fatchiyah (pengajar Jurusan Biologi FMIPA Universitas Brawijaya (UB) bidang kajian Biologi Molekular, Direktur Laboratorium Sentral Ilmu Hayati UB, Wakil Direktur Komisi Etik Penelitian UB, dan UB Council Indonesia-German Network for Teaching, Training and Research
Collaboration (IGN-TTRC); Estri Laras Arumingtyas (pengajar Jurusan Biologi FMIPA UB) bidang kajian Genetika Tanaman, Kepala Divisi Tanaman Komisi Etik Penelitian UB; Sri Widyarti (pengajar Jurusan Biologi FMIPA UB) bidang kajian Biologi Selular, Sekretaris Jurusan Biologi FMIPA UB dan Kepala Divisi Biomol & Sel Laboratorium Sentral Ilmu Hayati UB; dan Sri
Rahayu (pengajar Jurusan Biologi FMIPA UB) bidang kajian Reproduksi Hewan.

Comment Feed

No Responses (yet)



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

CAPTCHA Image
*